Rabu, 20 April 2011

KUA Pasar Minggu

Urusan administrasi gini emang agak ribet ngurusinnya..

Hari ini aku dan ERW baru sempet ke KUA Pasar Minggu.. Lokasinya di Jalan Kebagusan Raya No. 52..Jauhhhh..jauh banget dari rumah aku, pegel naik motor :(

Kenapa harus jauh2 KUA Pasar Minggu? karena Gedung tempat rencana kita akad adalah dibawah kelolaan Kecamatan Pasar Minggu, dan karena KTP aku adalah KTP Tebet, maka aku harus bikin yang namanya Izin Numpang Nikah. 

Gimana cara urusnya? ini ada link yang ngasih info tentang cara pengurusannya..

http://nanditya-nanda.blogspot.com/2009/05/prosedur-pengurusan-numpang-nikah-kua.html

Kalau yang aku lakuin:
  1. Nelpon KUA Tebet, nanya prosedur dari KUA biar lebih resmi.
  2. Dari KUA dilayani oleh Pak Sarif dan ngasih tau prosedur resminya, harus ke RT, trus ke RW untuk buat surat pengantar ke KUA, di KUA Tebet kemudian akan dibuat surat rekomendasi numpang nikah ..Surat itu kemudian di bawa di KUA Pasar Minggu untuk kemudian di daftarkan.
Huaa, gimana ngurusnya kalau kantor pegawai pemerintah tutup di hari Sabtu Minggu dan tutup di jam aku pulang kantor.. :( Untungnya Pak Sarif ini kemudian ngasih tawaran bantuan.Dia mau bantuin untuk pick up segala persyaratan dan mengurus ke RT, RW dan KUA Tebet trus surat rekomendasi ke KUA Pasar Minggu dianter lagi ke tempat ku..Alhamdulillah..lumayan terbantu. Cuma untuk referensi temen-temen yang lain aja. Biaya yang aku keluarin untuk minta diurusin ini adalah Rp. 350 Ribu + Rp. 50 Ribu untuk ongkos jalannya Pak Sarif.

ERW juga ngelakuin hal yang sama. Minta surat pengantar untuk nikah di KUA Pasar Minggu. Untuk detailnya aku kurang tau, tapi yang pasti biayanya Rp. 200 Ribu.

And here we are..udah ke KUA Pasar Minggu tadi..prosedurnya kira-kira begini:
  1. Melakukan pendaftaran rencana tanggal dan jam nikah di buku administrasi.
  2. Dikasih tau siapa yang akan jadi Penghulunya dan jadwal penyuluhan
  3. Cek kelengkapan:
    1. Fotokopi KTP & KK Calon Pengantin
    2. Pasfoto 2x3 warna 4 lembar
    3. Surat pernyataan Bujang dengan materai Rp. 6000,-
    4. Fotokopi KTP Wali/Ayah Calon Pengantin Wanita
    5. Surat Pengantar dari masing-masing KUA
    6. Bayar biaya administrasi (Rp. 250 Ribu)
Udah nyerahin semua..(ada beberapa persyaratan yang disusul sih)..kita langsung ditemuin dengan Penghulunya..(udah janjian sebelumnya sih..soalnya agak susah kalau bolos kantor terus) 

Dari penghulu kita tanyain beberapa hal..pertama si Bapak maunya dijemput atau dateng sendiri, si Bapak kalau akadnya jam 8 datengnya jam berapa? si Bapak ntar dibayarnya berapa?bayar dimuka atau lunas di akhir? dan ntar susunan acaranya gimana? Sisanya yah kita dapat sedikit penyuluhan, jadi ga perlu dateng lagi di penyuluhan yang udah di jadwalkan tadi.


Alhamdulillah... udah ke daftar!!!




 

1 komentar:

  1. waaa..kebetulan aku jg di KUA pasar minggu. makasi bgt yaaaa infonya :)

    BalasHapus